4/07/2014

Langkah Pelayanan Standart Restoran (Part 3)

Dias Izdihar  |  at  4/07/2014  |   |  No comments

Pada artikel yang lalu telah diuraikan mengenai langkah pelayanan standar di restoran sampai dengan langkah keenam, yaitu menyajikan makanan dan minuman atau serving food and beverage. Sekarang, mari kita lanjutkan ke langkah pelayanan selanjutnya yang merupakan bagian terakhir dari langkah pelayanan standar di restoran. Selamat membaca.


Langkah selanjutnya dari langkah pelayanan standar restoran sebagai berikut :

7. Melakukan pembayaran (Billing System)
Pembayaran pada konsep ini dilakukan setelah tamu selesai makan dan bersiap ingin pergi meninggalkan restoran. Pada sesi ini, Waiter melakukan konfirmasi kepada tamu mengenai berapa total yang harus dibayar. Contohnya: "Permisi, Total nya Rp. 125.000,-.". Pada saat tamu memberikan sejumlah uang untuk membayar, maka Waiter harus menghitung dan menyebutkan berapa jumlah uang yang diterimanya. ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan. 

Dewasa ini, pada beberapa restoran yang sudah menerapkan sistem cash on table, jadi langkah ini bisa saja di lakukan pada saat selesai taking order.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa itu Cash on Table?

8. Ucapan terima kasih (Thank you)
Dilakukan oleh semua crew front liner (Supervisor, Kasir, Waiter dan Marketing) yang berpapasan dengan tamu yang hendak pulang meninggalkan restoran. Di beberapa restoran, aktivitas ini dibarengi dengan fasilitas mengantar sampai ke pintu mobil tamu dengan payung yang melindungi tamu (terutama anak-anak dan orang lanjut usia) dari panas dan hujan.

9. Membersihkan meja (Clear up)
Inilah langkah terakhir dari langkah pelayanan standar restoran. Waiter dengan dibantu Bush Boy atau Cleaning Service membersihkan meja dan lantai dari sisa-sisa makanan dan debu hingga meja kembali bersih dan siap digunakan oleh pengunjung berikutnya.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Clear up di Restoran

Demikian artikel langkah pelayanan standar di restoran bagian 3. Semoga bermanfaat.

Langkah Pelayanan Standart Restoran (Part 3) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.