4/13/2014

Jenis Surprising atau Hiburan untuk Pelanggan Restoran

Dias Izdihar  |  at  4/13/2014  |   |  No comments

Surprising dalam restoran bisa diartikan sebagai suatu tindakan mengejutkan tamu dengan bentuk yang menghibur atau menyenangkan tamu sehingga didapat suatu pengalaman unik (customer experience) yang menimbulkan kesan mendalam terhadap restoran tersebut. Surprising dalam restoran dilakukan oleh banyak restoran sebagai salah satu bentuk strategi marketing yang efektif dalam menjaring loyal customer.

Berikut beberapa jenis surprising atau hiburan untuk pelanggan restoran yang bisa anda terapkan untuk restoran anda :

1. Perayaan Ulang Tahun pelanggan
Perayaan ulang tahun pelanggan paling banyak ditemui diantara jenis surprising lainnya dalam restoran. biasanya Customer akan diminta mengisi form yang dibuat khusus untuk mendapatkan Data Base tamu, seperti nama lengkap, alamat lengkap dan tentu saja tanggal ulang tahunnya. Data base ini akan digunakan untuk tujuan marketing. isi dari Surprising ulang tahun tamu ini sendiri biasanya dengan diberikannya beverage free seperti Jus buah segar, roti tart kecil atau ada yang bahkan lengkap dengan acara tiup lilin sebagai simbolis, plus foto kenang-kenangan selama perayaan singkat tersebut, plus ucapan selamat dari crew restoran.

2. Welcome Dance atau Tarian Selamat Datang
Perlu latihan dan ketekunan dalam membuat jenis surprising yang satu ini bisa berjalan dengan baik. tapi, jika sudah terbentuk dengan baik, akan menjadi sesuatu yang luar biasa sebagai nilai lebih Restoran bersangkutan. biasanya Welcome Dance dipertunjukan dalam menyambut tokoh penting yang berkunjung ke Restoran tersebut atau dalam rangka menyambut rombongan besar yang datang ke Restoran.Welcome Dance lebih sangat dianjurkan menggunakan tarian tradisional yang memajukan dan melestarikan kesenian dan budaya Tanah Air.

Anda juga bisa membaca artikel : Welcome Dance di Restoran Pringsewu Sumpiuh

3. Magic Show atau Permainan Sulap
Sebuah restoran di Pulau Jawa Indonesia yang secara unik dan konsisten menggunakan jenis Hiburan untuk Pelanggan restoran ini sebagai sajian menunggu menu makanan yang dipesan datang atau sampai dimeja tamu. Nama restoran dengan ciri khas makanan Jawa Sunda ini adalah Pringsewu. Surprising ini sangat efektif dalam menghibur tamu sembari menunggu hidangan datang.


4. Balon Lipat Gratis
Balon Lipat gratis secara konsisten ditemukan di Pizza Hut . Sasaran utama nya keluarga yang membawa anak-anak. Balon yang diberikan telah dilipat dengan unik dan indah dengan berbagi bentuk. membutuhkan latihan khusus untuk mengajari crew bagaimana cara membuat balon lipat ini. 

5. Meal Voucher
Meal Voucher banyak digunakan dalam mengundang kembali tamu yang pernah singgah, atau diberikan secara khusus sebagai treatment atas tamu yang kecewa atau complaint baik terhadap Service maupun Product dari restoran bersangkutan serta berbagai tujuan marketing spesifik lainnya.

Demikian, beberapa jenis surprising atau hiburan untuk pelanggan restoran. Semoga bermanfaat.

Jenis Surprising atau Hiburan untuk Pelanggan Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.