Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cash on Table


Dalam sebuah restoran yang ramai bahkan super ramai, bisa juga dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk tidak membayar. pelaku bisa mengunakan trik bermacam-macam, misalnya pada saat datang bergerombol dan pada saat pulang, pergi satu per satu untuk mengecoh petugas yang memantau dan dengan trik lainnya. Waiter sendiri sibuk dengan pelayanan, ada yang taking order, mengantar makanan, clear up dll. kehadiran Satpam restoran semata hanya untuk mengendalikan kemananan dan bukan untuk mengintai pelaku "makan gratis". Bahkan kehadiran CCTV pun sering tidak bisa diandalkan untuk mengetahui siapa para pelaku makan gratis ini. jika dibiarkan tentu ini merugikan pemilik restoran.

Lalu apa solusinya?
Solusi terbaik yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan sistem Cash  on table


Apa itu sistem Cash on table?

Cash on table adalah sistem pembayaran pesanan yang dilakukan di meja tamu setelah selasainya proses taking order. Jadi jika biasanya, tamu baru membayar setelah selesai makan, maka pada sistem Cash on table, tamu wajib membayar sebelum pesanan nya disajikan diatas meja atau tepatnya setelah selesai memesan menu.

Pada prosesnya, sistem ini menuai beberapa keluhan atau complaint karena konsumen telah terbiasa membayar setelah selesai makan. tapi, sistem ini efektif untuk menangani kasus tidak membayar yang memanfaatkan kondisi Restoran yang ramai. Berdasrkan pengalaman, complaint hanya terjadi dikunjungan pertama karena belum terbiasa. Tapi setelah tamu mengetahui tentang sistem ini, akan berjalan dengan biasa.

Dalam sistem cash on table ini diperlukan kecerdasan dalam menghitung dan memberikan penjelasan yang efektif terhadap tamu. tentu saja dibutuhkan pelatihan khusus bagi waiter dan waiteress dalam menjalankannya. Jangan sampai terjadi salah hitung yang akan membuat waiter malu untuk balik lagi ke meja tamu untuk merevisi total bill nya. Supervisor dan captain waiter bisa melakukan training atau simulasi lebih dahulu untuk waiter dan waiteress sebelum diberlakukannya sistem cash on table.

Demikian artikel tentang cash on table. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top